Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Anda Memulai Bisnis Online

Ada berbagai hal yang harus benar-benar Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis online, jika tak ingin bisnis online yang Anda jalankan kandas di tengah jalan.

Hasil gambar untuk bisnis online

Menjalankan bisnis online sejatinya tidak jauh berbeda dengan prosedur menjalankan bisnis offline, karena keduanya sama-sama membutuhkan perencanaan yang matang sebelum kita mengambil keputusan untuk terjun didalamnya.

Namun, yang membedakan keduanya adalah dari segi modal, bisnis online kebanyakan membutuhkan modal yang jauh lebih kecil ketimbang bisnis offline. Selain itu ada pula perbedaan lain seperti hal-hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai bisnis, yang nanti akan saya jelaskan secara detail dibawah.

Setidaknya ada 7 hal yang perlu dipersiapkan oleh pebisnis online sebelum memutusukan untuk terjun ke dalam bisnis online, ketujuh hal tersebut adalah sebagai berikut :


1. Temukan Ide Bisnis

Seperti kata pepatah "ide itu mahal harganya" pernyataan tersebut memang benar adanya, karena tidak akan ada kata memulai tanpa didahului dengan ide.

Ide bisa dengan mudah didapat darimana saja, termasuk dari hobi Anda. Misal Anda hobi desain grafis, kenapa tidak mencoba membuka jasa design web atau untuk ibu-ibu yang hobi memasak, bisa mencoba membuat blog tentang resep masakan, lalu memonetize blog terebut.

Intinya, dalam menentukan ide bisnis, pastikan bahwa Anda benar-benar menguasainya, karena pengusaha / pebisnis sukses adalah mereka yang menjalankan bisnis sesuai dengan apa yang mereka sukai dan kuasai.

2. Siapkan Modal Bisnis

Sama seperti ide bisnis, modal juga bisa didapat bukan hanya dari diri sendiri / keluarga, tapi bisa juga kita dapatkan dari orang lain atau biasa disebut dengan investor.

Dengan menerapkan sistem bagi hasil, maka Anda bisa dengan mudah mencari suntikan modal, namun dengan catatan bahwa Anda bisa benar-benar menyakinkan para investor untuk menanamkan modal di bisnis online yang Anda jalankan.

Jika pada akhirnya Anda kesulitan mencari modal, maka bisa dimulai dengan hal kecil terlebih dahulu, karena sesuatu yang besar selalu dimulai dari yang kecil.

3. Persaingan Kompetisi Bisnis

Ketahui kompetisi bisnis Anda. Semakin berat kompetisi pada bisnis yang Anda jalankan, maka semakin besar pula modal dan tenaga yang harus Anda keluarkan.

Dengan menggunakan Google AdWords Keyword Planner, kita bisa mengetahui besar kecilnya kompetisi bisnis online yang dijalankan, caranya cukup mudah, kita hanya perlu memasukkan kata kunci produk yang kita jual, lalu akan muncul data lengkap mengenai kata kunci tersebut.

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara menggunakan Keyword Planner bisa Anda baca tutorialnya disini Cara Riset Keyword Dengan Google Adwords Keyword Planner.

4. Pikirkan Visi dan Misi Bisnis

Sebelum memulai bisnis, ada baiknya Anda memikirkan visi dan misi bisnis terlebih dahulu, karena hal ini akan sangat membantu para pebisnis agar tetap fokus pada tujuan. Sudah berulang kali saya mendengar kasus kegagalan yang dikarenakan ketidak fokusan dalam berbisnis, mencoba usaha lain dan melupakan tujuan awal.

Disinilah peran visi dan misi yang akan membantu organisasi tersebut untuk bisa selalu fokus pada tujuan.

5. Perhatikan Hal Teknik Bisnis

Hal-hal tekniks dalam menjalankan bisnis online sebaiknya juga harus kita pahami. Sebagai contoh Anda seorang pebisnis online shop, maka ada baiknya disamping memahami cara bejualan online yang benar Anda juga harus paham cara membuat toko online atau hal yang berkaitan dengan teknis.

Meski tidak wajib bagi Anda untuk mengetahui semua itu, namun ada baiknya Anda menguasai dasarnya saja, tidak harus mendetail. Hal ini bermanfaat mengurangi biaya servis yang biasa digunakan untuk menyewa jasa orang.

6. Rencana Pemasaran Bisnis

Pemasaran bisnis online bisa dilakukan di banyak tempat, ada yang gratis adapula yang berbayar. Untuk yang gratis saya rasa Anda sudah tau, yap salah satunya adalah melalui media sosial.

Agar terlihat lebih profesional Anda bisa membuat website. Website tersebut dibuat khusus untuk bisnis Anda dan membantu pembeli agar bisa lebih dekat dan mengenal bisnis yang Anda jalankan.

Tertarik untuk membuat website sendiri tanpa bantuan jasa pembuat website ? silahkan baca panduannya disini Cara Membuat Website.

7. Fokuskan Kualitas Bukan Harga
Ada satu kekeliruan yang sering dilupakan oleh seorang pebisnis / pengusaha, yaitu mereka lebih fokus untuk memikirkan bagimana cara menjual barang dengan harga semurah-murahnya ketimbang memikirkan bagaimana cara meningkatkan kualitas produk yang dijual.

Saya katakan keliru karena dalam berbisnis, kita mengenal istilah loyalitas. Contoh sederhanya jika kia memasang harga murah namun kualitas buruk, mungkin kita bisa mendapatkan banyak pembeli, namun itu hanya terjadi 1x saja, karena sebagian pasti tidak akan puas dengan produk / layanan yang diberikan, hal ini tidak akan menciptakan repeat buying atau tidak akan ada loyalitas dari pengunjung.

Berbeda halnya jika Anda memiliki produk dengan kualitas bagus, meski harga relatif lebih mahal, namun Anda akan mendapatkan loyalitas pembeli, hal ini memungkinkan untuk terjadi pembelian ulang bahkan tidak menutup kemungkinan bisnis Anda dipromosikan secara gratis, mulut ke mulut.

Komentar

Postingan Populer